Sabtu, 14 November 2015

hidroponik

assalamu'alaikum wr. wb.
bagaaimana kabarmu? sehat kan? alhamdulillah..
dalam artikel kali ini saya akan membahas sedikit tentang hidroponik. hidroponik? ya. mungkin sudah tidak asing lagi bagi seorang yang mempunyai jiwa seorang harvest moon.. hehe..
langsung saja kita come on....



HIDROPONIK adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas.


Dalam kajian bahasa, hidroponik berasal dari kata hydro yang berarti air dan ponos yang berarti kerja. Jadi, hidroponik memiliki pengertian secara bebas teknik bercocok tanam dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman, atau dalam pengertian sehari-hari bercocok tanam tanpa tanah. Dari pengertian ini terlihat bahwa munculnya teknik bertanam secara hidroponik diawali oleh semakin tingginya perhatian manusia akan pentingnya kebutuhan pupuk bagi tanaman.

Di mana pun tumbuhnya sebuah tanaman akan tetap dapat tumbuh dengan baik apabila nutrisi (unsur hara) yang dibutuhkan selalu tercukupi. Dalam konteks ini fungsi daritanah adalah untuk penyangga tanaman dan air yang ada merupakan pelarut nutrisi, untuk kemudian bisa diserap tanaman. Pola pikir inilah yang akhirnya melahirkan teknik bertanam dengan hidroponik, di mana yang ditekankan adalah pemenuhan kebutuhan nutrisi.





Teknik hidroponik banyak dilakukan dalam skala kecil sebagai hobi di kalangan masyarakat Indonesia. Pemilihan jenis tanaman yang akan dibudidayakan untuk skala usaha komersial harus diperhatikan, karena tidak semua hasil pertanian bernilai ekonomis. Jenis tanaman yang mempunyai nilai ekonomi tinggi untuk dibudidayakan di hidroponik yaitu:
Paprika
Tomat
Timun Jepang
Melon
Terong Jepang
Selada








ini adalah salah satu pemanfaatan hidroponik di saat terkendala tempat atau lahan yang sempit di rumah sendiri. tidak ada lahan hidroponik pun jadi. rahasia hidroponik klik di kebutuhan pertanian. dengan begini disamping bisa berkebun dirumah, juga membuat halaman rumah terlihat seperti rumah tarzan yang sedap dipandang,, hehe.. 






so, tunggu apa lagi . cepat beralih ke hidroponik, disamping murah meriah, halaman rumah pun akan tampak lebih berkilau di banding cahaya rembulan yang bersinar di siang hari.. :v plak. . (bulan kagak muncul pas siang).. ya begitulah kira kira...





Keuntungan Hidroponik
  1. Tidak membutuhkan tanah
  2. Air akan terus bersirkulasi di dalam sistem dan bisa digunakan untuk keperluan lain, misal disirkulasikan ke akuarium
  3. Mudah dalam pengendalian nutrisi sehingga pemberian nutrisi bisa lebih efisien
  4. Relatif tidak menghasilkan polusi nutrisi ke lingkungan
  5. Memberikan hasil yang lebih banyak
  6. Mudah dalam memanen hasil
  7. Steril dan bersih
  8. Bebas dari tumbuhan pengganggu
  9. Media tanam dapat dilakukan selama bertahun-tahun
  10. Bebas dari tumbuhan pengganggu/gulma
  11. Tanaman tumbuh lebih cepat

Untuk keperluan hiasan, pot dan tanaman akan relatif lebih bersih. Sehingga untuk merancang interior ruangan dalam rumah akan bisa lebih leluasa dalam menempatkan pot-pot hidroponik. Bila tanaman yang digunakan adalah tanaman bunga, untuk bunga tertentu bisa diatur warna yang dikehendaki, tergantung tingkat keasaman dan basa larutan yang dipakai dalam pelarut nutrisinya. (https://id.wikipedia.org/wiki/Hidroponik).

1.2
1.3

contoh mekanisme hidroponik sederhana gambar 1.2 dan 1.3

nah. itulah sedikit ulasan saya tentang hidroponik, apabila ada kata kata saya yang terasa agak konyol maka itu semua hanyalah guyonan saja. yang keluar dari perut ayam bukan hanya telur saja, tetapi juga kotoran nya, begitulah saya, ambil telurnya dan buang kotorannya..  
 info lebih lengkap mengenai metode hidroponik klik di sini HIDROPONIK.

bagikan ilmu walaupun satu ayat
insyaalloh ilmu yang senantiasa dibagikan
akan selalu bertambah barokahnya. 
sekian dari saya akhiri sampai disini.. hehe kayak pidato aja ya..:v

wallahu'alam bis showab. semoga bermanfaat.. 
wassalamu.alaikum wr wb.

byee byeee....




1 komentar: