Jumat, 13 November 2015

google peringati kelahiran AL-BUZJANI

ASSALAMU'ALAIKUM Wr.Wb.
bertemu dengan saya lagi, kali ini saya akan menulis artikel tentang science.. ceileh.. sok bahasa inggris san sekarang.. :v 
ok langsung saja ke tempat kejadian perkoro..


akhir akhir ini ada yang menarik dengan tampilan utama situs google pada 10/6  yang lalu. tidak seperti biasanya , mesin pencari paling populer itu menampilakan gambar seorang laki laki berjanggut putih dan bersurban. sedangkan google sendiri disamarkan dengan ilustrasi lingkaran dan bangun segitiga.
ketika kursor diarahkan ke gambar ilustrasi mesin pencari tersebut muncul tulisan,"MENGENANG 1075 LAHIRNYA ABU WAFA' AL BUZJANI."


SIAPAKAH AL BUYAZANI?

AL BUYAZANI adalah ahli matematika kebangsaan persia. ulama yang lahir pada 328H di BUZAN, KHUROZAN. ini lebih banyak menghabiskan waktunya di baghdad.
namnya tersohor setelah di baghdad  menyarahi karya euclid, diophantos dan al khawarizmi saat ia masih berumur sekitar 20 tahun. di baghdad  al buzni sibuk mengajar ,mendirikan pusat pemantauan astronomi dan menulis.
al buzjani berhasil menemukan simbol "dzal" yang dilambangkan dengan huruf "dza", yang akhirnya terkenal dengan istilah "tan" atau "tangent".
al buzani juga terkenal dengan penemuannya dalam penghitungan trigonometri dan geometri untuk parabola. 
dalam ilmu astronomi , al buyazani beserta para ilmuan muslim lainnya memiliki pendapat mengenai bulatnya bumi beserta rotasinya serta evolusinya mengelilingi matahari yang menjadi rujukan copernicus dan gelileo.

 


beberapa karya yang telah dihasilakan al buyazani antara lain az-zaij asy- syamil, yang membahas pergerakan bintang , kitab al majisti yang dinilai merupakan karya yg paling penting bagi al buyazanji, serta beberapa karya lainnya.
dalam situsnya google menilai bahwa warisan abu al- wafa' yang wafat pada tahun 388 H ini menunjukan pentingnya peninggalan dari beberapa ilmuan sejarah yang kurang dikenal.
"fotonya tidak dapat ditempel ke dinding diruang kelas sekolah dasar, tapi sekarang disematkan ke homepage google.com. selamat 1075, abu al wafa' al buzjani." demikian kata kata pamungkas dari situs yang paling banyak diakses diseluruh dunia ini. (hidayatullah.com).

ABU AL- WAFA' AL- BUZJANI

yuups.. demikian semoga artikel ini bermanfaat.. bagi saya dan juga saudara sekalian.. 
"undur ma qola wa la tandur man qola".. wallohu'alam bisshowab...

jadilah pembaca yang baik dengan tidak kopas setiap artikelnya.. tanpa seijin orang yang menulisnya,, karena dirasa kurang baik. dan jangan malu malu buat ngeshare blog ini ya.. :v ..
satu kata buat kamu... byee byee,,,, 

Tidak ada komentar: